Resep Bolu Zucchini (Zucchini Bread)




Halo Guys...
            Pada blog kali ini saya akan menyajikan Resep roti atau Bolu yang berbahan dasar sayuran Zucchini. Kata orang tak kenal maka tak sayang. Apa itu Zucchini?
Zucchini, sayur yang sering disangka terong oleh orang Indonesia pada umumnya ini ternyata adalah jenis Labu.  Meski masuk dalam family Cucurbitaceae, Zucchini memeliki beberapa perbedaan mulai dari penampakan kulit hingga nilai nutrien nya.  Bagi anda yang belum familier dengan sayuran yang satu ini, Zucchini berbeda dengan labu, memiliki kulit yang lembut dan bisa di makan. Warna kulit Zucchini bervasiasi dari Hijau muda, Hijau tua hingga Kuning terang.

            Dalam sejarah nya, Zucchini telah dibudidayakan dan digunakan selama 5000 tahun oleh penduduk asli Amerika tengah dan Amerika selatan. Zucchini sering di sebut dengan Summer Squash atau courgette. (1) 
            Dari sisi Nutrisi, nutrien dalam ½ cup atau sekitar 50 gram Zucchini yang di rebus mengandung 317 mg potasium sama banyaknya seperti sebuah pisang berukuran kecil. Zucchini selain rendah kalori, juga mengandung  sekitar 20% Vitamin C untuk memenuhi kebutuhan Orang dewasa dan 10 % kebutuhan  Folat atau vitamin B – Kompleks alami.  Meski tidak mengandung Vitamin A yang tinggi seperti Labu kuning, Zucchini mengandung  carotenoids lutein dan zeaxanthin  (1) yaitu nutrient yang bermanfaat bagi kesehatan mata, mencegah katarak dan AMD (Age –related macular degeneration) yang sering dialami oleh orang tua diatas usia 50 tahun. (2)Selain itu Zucchini dapat menyeimbangkan fungsi Tyroid dan adrenal dalam tubuh. (3)
           Di Indonesia, Zucchini telah banyak di jual meski hanya di supermarket dan swalayan. Harganya lumayan terjangkau mulai dari Rp 18.000 –  Rp 25.000 /kg.
            Jadi, Minggu lalu saya berkunjung ke salah satu Supermarket di Kota Jogja dan menemukan Zucchini.  Melihat warna hijau segar dan kulitnya yang mulus tanpa berpikir panjang segera saya mengambilnya. Lumayan murah untuk  2 buah ukuran sedang dengan total berat sekitar 400 gr Zucchini saya hanya membayar Rp 9.000.-
Keesokan harinya, saya membuat Zucchini bread atau menurut saya lebih tepat dibilang Bolu Zucchini karena teksturenya yaaa lebih mirip kue bolu di bandingkan dengan roti. Hehehe....

            Sebenarnya Zucchini  bread ini bukan kue asli Indonesia yaaa.. Zucchini Bread ini dikenalkan di Amerika sekitar tahun 1900s oleh Orang Italia. Zucchini bread ini meupakan tipe Quick Bread yang di buat tanpa fermentasi ragi sebagi pengembang, namun menggunakan pengembang berupa Baking Powder. (4)
            Saat pertama kali saya belajar membuat Zucchini bread, saya sering sekali saya membuatnya lantaran rasa yang nikmat dan lembut. Selain Rasanya yang enak, sangat cepat dan mudah  untuk membuatnya, Zucchini bread dapat menjadi alternatif roti sehat, apalagi bagi anda yang sedang berdiet.  
Biasanya dalam membuat Zucchini bread, sering di jumpai dalam resep – resep, mereka menambahkan parutan wortel, potongan kacang, dan parutan keju sesuai selera... Hmmm membuat Zucchini bread menjadi lebih nikmat dan sehat. Zucchini bread ini dapat menjadi penolong bagi Para orang tua yang memiliki anak susah untuk mengkosumsi sayuran loh...  

Zucchini Bread ini memiliki tekstur lembut seperti kue bolu dan aroma rempah kayu manis dan pala yang membuat semakin mengoda... Perpaduan lembutnya Zucchini, aroma rempah, dan potongan kacang membuat menikmati sepotong saja serasa tidaklah cukup.
Penasaran Bagaimana membuatnya? Berikut resep Zucchini bread yang saya adopsi dari Buku BAKE oleh Alison Thompson.

Resep Zucchini  Bread atau Bolu Zucchini (klik disini untuk file print)

Bahan A
·        Zucchini
:
200 gr
·        Telur
:
2 butir
·        Minyak /Mentega dicairkan
:
120 ml
·        Vanila cair
:
1 1/2 sdt




Bahan B
·        Tepung  terigu
:
190 gr
·        Susu bubuk
:
30 gr
·        Gula
:
100 gr
·        Baking powder
:
½ Sdt
·        Baking soda
:
1 ½ sdt
·        Kayu Manis
:
2 sdt
·        Pala bubuk
:
½ sdt
·        Biji Bunga Matahari *
:
40 gr
*Pilihan Kacang sesuai selera

Cara membuat :
1.     Panaskan oven 170 C. Siapkan loaf pan ukuran 27 x 15 x 7,5 cm, olesi dengan mantega tipis-tipis lalu taburi tepung terigu. Sisihkan
2.     Parut Zucchini mengunakan parutan keju. Sisihkan.
3.     Campur Telur, minyak dan Vanili cair, aduk rata. Masukan Parutan Zucchini. Aduk rata. Sisihkan
4.     Campurkan semua bahan B kecuali Biji Bunga matahari. Sisihkan
5.     Masukan campuran Bahan A ke dalam campuran Bahan B. Aduk rata lalu tuang dalam loaf pan. Ratakan
6.     Taburi Biji bunga matahari atau pilihan kacang sesuai selera.
7.     Panggang kurang lebih 45 menit atau hinga matang. Angkat dan sajikan.


Membuat Bolu Zucchini/ Zucchini Bread mudah bukan? anda juga dapat membuat Variasi Zucchini Bread dengan menambahkan wortel atau keju sesuai selera.


Jika anda membuat Zucchini Bread ini, jangan lupa kirimkan foto atau tandai saya di Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, atau pun Google+. Silahkan jika ada pertanyaan, tulis di kolom komentar, saya akan membalas dengan senang hati.
           
Terima Kasih Sudah mengunjungi blog saya...


Let’s Bake with Love



Monalisa

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan ^_^

Review Becoming - Autobiografi Michelle Obama

Salam jumpa kembali...... Setelah sekian lama meninggalkan dunia blog, kini saya kembali lagi mencoba meluangkan waktu saya kembali...

Connect With Me