Skip to main content

Resep Kue Nona Manis (Kuih Nona Manis)


Haloo,
Welcome back to My Hometown Flavors. Tulisan kali ini saya akan memberikan salah satu resep kue tradisonal yang sering kita jumpai baik di penjualan jajanan pasar. Namanya Kue Nona Manis....

            Kue nona manis yang mulus nan cantik ini sering disalah artikan. Beberapa teman saya yang begitu mendengar nama kue yang manis dan mulus ini tertawa seakan-akan tak percaya dengan namanya. Kata ‘Nona’ berarti perempuan, sehingga secara harafiah Kue ini berarti ‘Perempuan manis’.  Asal usul nama Kue Nona manis menjadi perkara, hingga saat ini saya belum mengetahui dari mana asal kue Nona Manis dan alasan mengapa kue mangkuk berwarna hijau, wangi pandan dan santan nan manis ini dijuluki demikian.
             Siapa yang tidak menyukai Nona Manis?? well maksud saya Kue Nona Manis? Kue yang selalu hadir dalam daftar jajanan pasar ini menjadi salah satu kue paling laris di Indonesia. Penikmatnya bervariasi mulai  dari anak – anak hingga orang dewasa.  Kue nona manis ini menjadi salah satu jajanan favorit saya juga loh...
            Harga per biji Kue Nona Manis ini bervariasi mulai dari Rp. 1.000,- hingga Rp. 2.500,- . Kue Nona Manis ini terbilang cukup murah namun menggugah selera. Benar bukan? Ayolah.....Siapa yang tidak jatuh cinta dengan Warna Hijau dan Wangi Pandan yang manis? Atau Gurih manis dan sedikit asin dari santan kelapa? Atau Tekstur kue yang lembut ini? Hehehe.... kalau saya pribadi menyukai rasa santan serta tekstur lembut Si Nona Manis ini. Bagaimana dengan Anda?

            Pekan lalu, saya memcoba membuat Kue Nona Manis ini. Ternyata bahan dan cara pembuatan Kue Nona manis ini tergolong sederahana dan murah.  Soal Rasa, jangan di tanyakan, membuat pencicip jatuh cinta pada gigitan pertama Si Nona Manis yang satu ini..
            Oh ya, Untuk membuat kue Nona Manis, bahan yang di butuhkan antara lain yaitu; Tepung terigu, gula pasir, garam secukupnya, telur, Santan, Air perasan daun pandan dan suji (untuk memperoleh aroma khas pandan dan warna hijau alami dari daun suji) atau jika anda menyukai yang praktis dapat menggunakan pasta pandan kemasan.

            Untuk memperoleh kualitas Kue Nona manis terbaik menurut saya, Bahan yang paling krusial adalah Santan. Pakailah kualitas santan terbaik  sehingga menciptakan cita rasa  yang berkualitas pula. Saya menggunakan Santan dalam kemasan. Selain mudah di peroleh, kualitas santan dalam kemasan sangat kental sehingga menghasilkan adonan kue yang lebih legit.
            Saat membuat kue Nona Manis ini, saya mengurangi jumlah gula hanya 90gr saja, sehingga rasa kue tidak terlalu manis. Jika menyukai rasa kue manis, anda boleh menambah takaran gula sesuai selera yaa...
            Jika anda lebih menyukai aroma dan warna alami dari Pandan dan daun Suji, anda bisa mengganti pewarna hijau dengan mem-blender secara bersamaan 6 lembar daun Suji dan Pandan dengan 100 ml air (Volume santan di kurangi menjadi 150 ml) kemudian di Saring.  Di Uji coba resep Kue Nona Manis ini saya hanya menggunakan pasta pandan,  hasilnya rasa kue tetap enak. Namun saya pastikan, jika meggunakan Air sari Pandan dan Suji rasa, aroma dan rasa Kue akan semakin lebih enak di banding hanya menggunakan pasa pandan saja.
            Oh ya, tips agar kue Nona Manis mudah di lepas dari Cetakan cucing adalah dengan mengoles minyak goreng tipis – tipis pada cetakan sebelum menuang adonan.  Selain itu, menunggu hingga kue dingin dengan cara merendam kue dalam cetakan pada air dingin bisa juga menjadi alternatif agar kue mudah dilepas.

            Berikut resep Kue Nona manis untuk anda para penikmat yang Manis - manis ^_^

Resep Kue Nona Manis
Bahan A
·        Telur  1 butir
·        gula  90 gr
·        Santan kara 250 ml (atau 125 ml santan + 125 ml air)
·        Tepung terigu  145 gr
Bahan B
·        Santan kara 200 ml
·        Gula 30 gr
·        Tepung jagung  40 gr
·        Garam ½ sdt
·        Pewarna hijau secukupnya
Bahan C
·        Santan kara ( ½  Santan kara + ½ air) 200 ml
·        Tepung terigu (All purpose Flour) 1 Sdm
·        Garam 1 Sdt
·        Plastik segitiga 1 buah *
Cara Membuat
1.     Bahan A. Kocok telur dan gula hingga gula larut dan adonan mengembang.
2.     Masukan Tepung dan Santan secara bergantian. Aduk Rata dan sisihkan.
3.     Bahan B. Dalam panci, Campur  Santan, gula, garam, tepung jagung dan pewarna hijau. Aduk rata hingga tepung tidak lagi menggumpal.  Didihkan sambil terus di aduk hingga campuran kental, mengkilat dan meletup-letup. Angkat dan dinginkan.
4.     Setelah Campuran Bahan B telah dingin, tambahkan Campuran Bahan A sedikit demi sedikit sambil terus di aduk hingga tercampur rata. Sisihkan
5.     Siap kan Panci kukusan Dan cetakan kue di beri polesan minyak goreng tipis –tipis. Sisihkan.
6.     Bahan C. Panaskan Santan bersama garam dan tepung terigu. Aduk terus agar santan tidak pecah dan adonan menjadi kental dan meletup-letup. Angkat dinginkan.  Masukan Adonan ke dalam plastik segitiga.
7.     Sendokan Adonan Hijau kedalam cetakan  lalu semprotkan adonan putih di tengah- tengah adonan hijau menggunakan plastik segitiga.
8.     Kukus selama ±  10-15 menit tergantung ukutan cetakan cucing.
9.     Angkat kue dan tunggu hingga kue dingin lalu lepas  kue dari cetakan.
10.  Kue Nona Manis siap di Santap. ^_^

Bagaimana, Mudah bukan??  Jika anda menyukai Paduan aroma dan Rasa pandan Serta Santan Kelapa, anda sudah pasti akan menyukai Si Nona Manis ini...
Selamat Mencoba.

Salam Hangat,
Monalisa



Popular posts from this blog

Moringa, The Miracle Tree (BAHASA INDONESIA)

Halo Guys...             Pada Kesempatan kali ini saya membahas tentang Superfood yang sedang booming di dunia Internet. Superfood ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung vitamin, mineral dan asam amino essensial yang dibutuhkan oleh tubuh.  Superfood yang saya maksudkan adalah Moringa.

Apa itu Moringa? Moringa adalah jenis tumbuhan Family Moringaceae dengan nama Ilmiah Moringa Oleifera yang dapat tumbuh subur sepanjang tahun.  Moringa merupakan tumbuhan asli Sub – Himalayan seperti India, Pakistan, Banglades, dan Afganistan. FAO menyebutkan bahwa Moringa dapat dijumpai di daerah-daerah seperti India, Ethiopia, Sudan, Filipina, Afrika bagian barat, timur dan selatan, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, kepulauan Pasifik, dan Asia tenggara termasuk Indonesia tentunya. Moringa tumbuh relatif mudah tumbuh baik di daerah dengan klim tropis yang hangat hingga iklim subtropis pada ketinggian 3000 Kaki, rerata suhu maksimum 38o – 48o C dan suhu minumium -1o hingga - 3o…

The Power Of Habit ( BAHASA INDONESIA)

Hai guys.....          Blog edisi kali ini saya akan membahas tentang buku motivasi yang baru saja saya rampungkan membacanya. Apa lagi kalau buka The Power of Habit atau dalam bahasa Indonesianya Dasyatnya Kebiasaan oleh Charles Duhigg.

Darimana  sebenarnya saya tahu tentang buku The Power Of Habit?          Saya mengetahui buku ini dari salah satu youteber asal Amerika bernama Thomas Frank yang sering sekali membuat video tentang self motivation dan merekomendasi buku-buku  yang cocok untuk self motivation itu sendiri. Merasa bahwa buku ini menarik, saya langsung cek info dan review di aplikasi jaringan sosial katalogisasi buku yang paling terkenal yaitu GoodReads.  Buku The power of Habit ini memperoleh rangking yang lumayan bagus yaitu 4.02 dan reviw yang positif dari pengguna GoodRead yang tidak diragukan lagi adalah kutu buku handal. So... akhirnya dengan bulat hari saya membeli buku ini. Buku The Power of Habit ini di jual dengan harga Rp 75.000  (per 7/7/2017) di Toko buku Grame…

Himalayan Pink Salt (Bahasa Indonesia)

Halo guys.... 
Pernahkah anda mendengar tentang Himalayan Pink Salt? Jika Ya, anda pasti tidak asing lagi dengan manfaat dari garam berwarna pink yang di tambang dari pegunungan di Sekitar wilayah pegunungan Himalaya ini.           Himalayan Pink Salt ini meskipun sama-sama disebut garam, namun asalnya berbeda dengan garam yang kita konsumsi pada umumnya. Himalayan Pink Salt berasal dari area penambangan garam di daerah pegunungan Himalaya yaitu Khewra Salt Mine yang  berlokasi di distrik punjab, Pakistan.
Para pakar geologi memperkirakan bahwa umur batu gram himalaya di pertambang tersebut  kira-kira 800  juta tahun yang  terbentuk saat gerakan lempeng tektonik membentuk rentang pegunungan yang menjebak laut pedalaman yang dangkal, yang perlahan mengalami dehidrasi dan terkubur jauh di dalam bumi, membentuk deposit garam laut yang kaya mineral dan kaya mineral. Himalayan Pink Salt setidaknya mengandung 84 mineral dan trace mineral, termasuk kalsium, magnesium, potassium, copper dan iron…

Connect With Me