Resep Kue Nona Manis (Kuih Nona Manis)


Haloo,
Welcome back to My Hometown Flavors. Tulisan kali ini saya akan memberikan salah satu resep kue tradisonal yang sering kita jumpai baik di penjualan jajanan pasar. Namanya Kue Nona Manis....

            Kue nona manis yang mulus nan cantik ini sering disalah artikan. Beberapa teman saya yang begitu mendengar nama kue yang manis dan mulus ini tertawa seakan-akan tak percaya dengan namanya. Kata ‘Nona’ berarti perempuan, sehingga secara harafiah Kue ini berarti ‘Perempuan manis’.  Asal usul nama Kue Nona manis menjadi perkara, hingga saat ini saya belum mengetahui dari mana asal kue Nona Manis dan alasan mengapa kue mangkuk berwarna hijau, wangi pandan dan santan nan manis ini dijuluki demikian.
             Siapa yang tidak menyukai Nona Manis?? well maksud saya Kue Nona Manis? Kue yang selalu hadir dalam daftar jajanan pasar ini menjadi salah satu kue paling laris di Indonesia. Penikmatnya bervariasi mulai  dari anak – anak hingga orang dewasa.  Kue nona manis ini menjadi salah satu jajanan favorit saya juga loh...
            Harga per biji Kue Nona Manis ini bervariasi mulai dari Rp. 1.000,- hingga Rp. 2.500,- . Kue Nona Manis ini terbilang cukup murah namun menggugah selera. Benar bukan? Ayolah.....Siapa yang tidak jatuh cinta dengan Warna Hijau dan Wangi Pandan yang manis? Atau Gurih manis dan sedikit asin dari santan kelapa? Atau Tekstur kue yang lembut ini? Hehehe.... kalau saya pribadi menyukai rasa santan serta tekstur lembut Si Nona Manis ini. Bagaimana dengan Anda?

            Pekan lalu, saya memcoba membuat Kue Nona Manis ini. Ternyata bahan dan cara pembuatan Kue Nona manis ini tergolong sederahana dan murah.  Soal Rasa, jangan di tanyakan, membuat pencicip jatuh cinta pada gigitan pertama Si Nona Manis yang satu ini..
            Oh ya, Untuk membuat kue Nona Manis, bahan yang di butuhkan antara lain yaitu; Tepung terigu, gula pasir, garam secukupnya, telur, Santan, Air perasan daun pandan dan suji (untuk memperoleh aroma khas pandan dan warna hijau alami dari daun suji) atau jika anda menyukai yang praktis dapat menggunakan pasta pandan kemasan.

            Untuk memperoleh kualitas Kue Nona manis terbaik menurut saya, Bahan yang paling krusial adalah Santan. Pakailah kualitas santan terbaik  sehingga menciptakan cita rasa  yang berkualitas pula. Saya menggunakan Santan dalam kemasan. Selain mudah di peroleh, kualitas santan dalam kemasan sangat kental sehingga menghasilkan adonan kue yang lebih legit.
            Saat membuat kue Nona Manis ini, saya mengurangi jumlah gula hanya 90gr saja, sehingga rasa kue tidak terlalu manis. Jika menyukai rasa kue manis, anda boleh menambah takaran gula sesuai selera yaa...
            Jika anda lebih menyukai aroma dan warna alami dari Pandan dan daun Suji, anda bisa mengganti pewarna hijau dengan mem-blender secara bersamaan 6 lembar daun Suji dan Pandan dengan 100 ml air (Volume santan di kurangi menjadi 150 ml) kemudian di Saring.  Di Uji coba resep Kue Nona Manis ini saya hanya menggunakan pasta pandan,  hasilnya rasa kue tetap enak. Namun saya pastikan, jika meggunakan Air sari Pandan dan Suji rasa, aroma dan rasa Kue akan semakin lebih enak di banding hanya menggunakan pasa pandan saja.
            Oh ya, tips agar kue Nona Manis mudah di lepas dari Cetakan cucing adalah dengan mengoles minyak goreng tipis – tipis pada cetakan sebelum menuang adonan.  Selain itu, menunggu hingga kue dingin dengan cara merendam kue dalam cetakan pada air dingin bisa juga menjadi alternatif agar kue mudah dilepas.

            Berikut resep Kue Nona manis untuk anda para penikmat yang Manis - manis ^_^

Resep Kue Nona Manis (klik disini dapatkan free Print resep)
Bahan A
·        Telur  1 butir
·        gula  90 gr
·        Santan kara 250 ml (atau 125 ml santan + 125 ml air)
·        Tepung terigu  145 gr
Bahan B
·        Santan kara 200 ml
·        Gula 30 gr
·        Tepung jagung  40 gr
·        Garam ½ sdt
·        Pewarna hijau secukupnya
Bahan C
·        Santan kara ( ½  Santan kara + ½ air) 200 ml
·        Tepung terigu (All purpose Flour) 1 Sdm
·        Garam 1 Sdt
·        Plastik segitiga 1 buah *
Cara Membuat
1.     Bahan A. Kocok telur dan gula hingga gula larut dan adonan mengembang.
2.     Masukan Tepung dan Santan secara bergantian. Aduk Rata dan sisihkan.
3.     Bahan B. Dalam panci, Campur  Santan, gula, garam, tepung jagung dan pewarna hijau. Aduk rata hingga tepung tidak lagi menggumpal.  Didihkan sambil terus di aduk hingga campuran kental, mengkilat dan meletup-letup. Angkat dan dinginkan.
4.     Setelah Campuran Bahan B telah dingin, tambahkan Campuran Bahan A sedikit demi sedikit sambil terus di aduk hingga tercampur rata. Sisihkan
5.     Siap kan Panci kukusan Dan cetakan kue di beri polesan minyak goreng tipis –tipis. Sisihkan.
6.     Bahan C. Panaskan Santan bersama garam dan tepung terigu. Aduk terus agar santan tidak pecah dan adonan menjadi kental dan meletup-letup. Angkat dinginkan.  Masukan Adonan ke dalam plastik segitiga.
7.     Sendokan Adonan Hijau kedalam cetakan  lalu semprotkan adonan putih di tengah- tengah adonan hijau menggunakan plastik segitiga.
8.     Kukus selama ±  10-15 menit tergantung ukutan cetakan cucing.
9.     Angkat kue dan tunggu hingga kue dingin lalu lepas  kue dari cetakan.
10.  Kue Nona Manis siap di Santap. ^_^

Bagaimana, Mudah bukan??  Jika anda menyukai Paduan aroma dan Rasa pandan Serta Santan Kelapa, anda sudah pasti akan menyukai Si Nona Manis ini...
Selamat Mencoba.

Salam Hangat,
Monalisa



No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan ^_^

Review Becoming - Autobiografi Michelle Obama

Salam jumpa kembali...... Setelah sekian lama meninggalkan dunia blog, kini saya kembali lagi mencoba meluangkan waktu saya kembali...

Connect With Me